Minggu, 25 Desember 2011

Toyota Pilih Eropa untuk Pengembangan Mobil Kompak

TURIN, KOMPAS.com - Nilai tukar Yen yang terus menguat membuat Toyota Motor Corporation menggeser basis produksi atau pengembangan produk tertentu ke luar Jepang. Eropa dipilih untuk mengembangkan mobil kecil (minicar) dengan lingkup global. Di benua biru, TMC akan memulai riset dan pengembangan (R&D) model baru di segmen minicar, sub-kompak dan kompak. Keputusan Toyota ke luar dari kandang bukan yang pertama kalinya di dunia otomotif. Pasalnya, dua prinsipal lain, Ford Motor Corporation dan Fiat-Chrysler sudah menjalankan lebih dulu. "Sangatlah penting untuk fokus pada sebuah misi dan divisi perencanaan produk memegang kunci penting dalam strategi ini. Bersama dengan tim insinyur dan desaigner, kami akan berhasil," ujar Didier Leroy, Chief Executive Officer Toyota Motor Europe, seperti dilansir autonews (20/12). Pengalihan pusat pengembangan oleh Toyota kali ini, dipastikan bakal mempengaruhi penjualan dan pemasaran di Eropa. Keputusan ini efektif mulai berlaku 1 Januari 2012. Beberapa negara lain yang dijadikan basis produksi Toyota yakni, Thailand untuk pikap dan sedan serta India dipilih sebagai basis kendaraan ekonomis (Liva dan Etios). SUMBER : KOMPAS.COM

Konsep NS4 Primadona Toyota di Detroit

TOKYO, KOMPAS.com - Toyota memberi sinyal akan membuat kejutan kepada dunia, industri otomotif Amerika serta pengunjung "North American International Motor Show", Januari 2012. Pada pameran bergengsi itu, produsen mobil terbesar di Jepang itu menampilkan konsep NS4. Pemerhati otomotif dunia dibikin penasaran lantaran Toyota hanya menunjukkan sepenggal foto. Sama seperti dilakukan anak perusahaannya Lexus. Tak ada informasi teknis, dan hanya disebutkan pada foto 'konsep terkini mobil plug-in hybrid'. Seperti apa sosok asli masih sulit ditebak. Apakah sedan, hatchback atau bahkan sebuah crossover. Jika dilihat dari rentetan produk Toyota yang hadir pada tiap pameran akbar internasional, bisa jadi NS4 menggunakan teknologi Hybrid Synergy Drive yang dikampanyekan Toyota bersama Lexus. Bahkan keduanya akan meluncurkan 25 model terbaru selama 2 tahun kedepan. SUMBER : KOMPAS.COM

Toyota Aqua, Adik Termuda Prius

TOKYO, KOMPAS.com - Selain mengandalkan tiga mobil konsep di ajang Tokyo Motor Show, Desember 2011, Toyota juga akan mendebut Aqua. Hatchback ini merupakan "adik" termuda dari keluarga Prius yang untuk pasar AS dan Eropa akan diberi nama Prius C. Aqua akan melengkapi dua Prius Gen-3 dan Prius V yang sudah diluncurkan sebelumnya. Bentuknya lebih kompak, dengan panjang sumbu roda 149,18 mm lebih pendek dari model standar yang 2.550mm. Sedangkan ukuran lebar dan tinggi relatif sama, yakni 1.694 mm dan 1.445 mm. Toyota mengaku Aqua lebih aerodinamis dan desain lebih agresif dengan garis bemper lebih kurus, lampu kabut bentuk segitiga dan gril lebih "simpel". Bagian buritan juga lebih segar. Prius C menggunakan sistem Hybrid Synergy Drive, teknologi kebanggaan Toyota. Memadukan mesin 1.5 liter dengan motor listrik yang menerima asupan tenaga dari baterai lithium ion. Memang, belum ada data resmi berapa tenaga yang dihasilkan Aqua. Potensi tenaga yang dihasilkan Aqua memang bisa lebih kecil, tapi konsumsinya diprediksi lebih irit dari Prius sebelumnya yang tercatat 50 MPG atau 21,2 km per liter. Toyota mengaku, selain menarik konsumen dari tingkat konsumsi bahan bakar yang irit Aqua punya senjata lain, yakni teknologi. Untuk keselamatan, Aqua dilengkapi dengan 9-airbag, termasuk kontrol audio di lingkar setir dan konektivitas Bluetooth untuk telepon. Alternatif fitur tambahan yang disiapkan adalah Etune. Sistem hiburan layar sentuh yang bisa mengakses radio via intenet, brosing web sampai membaca email. Dilihat dari tampilan, Toyota sepertinya membidik konsumen anak muda sebagai target pasarnya. Setelah mendebut di Tokyo, Toyota Aqua atau Prius C akan diluncurkan di AS dan Eropa awal tahun depan. SUMBER : KOMPAS.COM

Toyota Gs Prius Hadirkan Kesan Sporti dan Agresif

TOKYO, KOMPAS.com – Tidak hanya Aqua yang dimodifikasi agar tampil lebih gaya dan trendi, juga Prius. Penampilan “King of Hybrid” ini makin gaya, sporti dan namanya pun menjadi G's Prius setelah dimodifikasi dan dijadikan sebagai salah model andalan Toyota di Tokyo Motor 2011. Detail ubahan ikon mobil hijau Toyota ini antara lain bentuk bemper depan dengan corak hitam di bagian tengahnya. Penampilannya menjadi sehingga tampil lebih sangar. Lainnya yang diubah adalah, 'rumah' lampu kabut dengan desain lebih trendi dan tambahan stiker hitam dengan lis merah pada bagian bawah samping mobil. Sebagai penyeimbang, corak hitam dan krom pelek, pada jari dan lis merah di bibir bagian luar diberi lis merah. Selanjutnya, agar terlihat lebih menarik, seluruh bodi 'diguyur' cat spesial White Pearl Crystal Shine. Kabin juga dirombak. Antara lain penggunaan jok Recaro mode sport ber balut kulit hitam dengan jahitan merah dan layar informasi model baru plus pedal-pedal aluminium. Selanjutnya sumber tenaga tidak mengalami sentuhan sama sekali alias tetap standar. SUMBER : KOMPAS.COM

Toyota 86 Masuk Indonesia Juni 2012

GOTENBA, KOMPAS.com — Toyota Motor Corporation telah memperlihatkan wujud sesungguhnya dari model terbaru mereka, Toyota 86, pada Tokyo Motor Show 2011. Sedan sport itu mulai dipasarkan pada April tahun depan, sedangkan di Indonesia pada bulan Juni. Kepastian ini disampaikan langsung Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor Johnny Darmawan saat menyaksikan peragaan crash test di fasilitas Toyota di Gatenba, dekat Pengunungan Fuji, Sabtu (3/12). "Bagaimana tampilannya?" tanya Johnny Darmawan kepada rombongan wartawan Indonesia yang ikut menyaksikan tes tabrak antara Vits (Yaris) baru dan Camry. Anda sudah mencobanya kan. Ketika ditanya soal harga, Johnny justru balik tanya kepada wartawan. Berapa harga yang pantasnya? Ketika disebut sekitar Rp 500 juta, ia langsung menyambar, kecil kemungkinannya. Ia lagi menghitung-hitung dan yang pasti, katanya, harga mobil ini di atas Rp 500 juta. Ketika ditanya tentang mobil baru selain Toyota 86, Johnny hanya tersenyum. Pokoknya, sampai 2015, paling sedikit ada 10 model baru. Selain Toyota 86, Toyota Noah yang pernah dilaporkan Kompas.com akan diproduksi di Indonesia pada 2012. Selanjutnya menyusul Lexus, Camry hibrida, dan Camry premium limusin untuk taksi. "Namun, basis Camry limo yang dipasarkan di Indonesia bukan dari Jepang, melainkan dari Australia," ungkapnya. SUMBER : KOMPAS.COM

Toyota Pertaruhkan Masa Depan pada Hibrida

OKYO, KOMPAS.com — Toyota mempertaruhkan masa depannya pada mobi-mobil hibrida. Untuk itu, produsen #1 Jepang ini berusaha meningkatkan penjualan mobil hibrida di Amerika Serikat. Sampai musim semi mendatang, Toyota akan memasarkan dua varian Prius dan satu pikap. Sejalan dengan kebijakan tersebut, Toyota akan menaikkan produksi kendaraan hibrida dua kali lipat, yaitu 400.000 unit per tahun pada 2015 di AS. Untuk mendukung usaha tersebut, komponen utama kendaraan hibrida, seperti motor listrik, baterai, dan inverter, juga akan diproduksi di AS. Latar belakang Toyota bertekad atau fokus pada hibrida karena permintaan kendaraan jenis ini berbanding lurus dengan kenaikan harga bensin. Di samping itu, merek lain juga berlomba-lomba menawarkan mobil irit bahan bakar. Takeshi Uchiyamada, Kepala Riset dan Penelitian Toyota Global, mengaku, perusahaannya agak tertinggal di bidang teknologi injeksi langsung dan transmisi terkini. Argumennya, komitmen Toyota pada hibrida. "Teknologi hibrida merupakan kartu truf untuk mobil irit bahan bakar,” ujarnya. Dua model Toyota baru saja meluncurkan Prius V wagon dan C hatchback di AS. Dengan rentang pilihan yang makin beragam, penjualan keluarga Prius akan terus meningkat. Tahun depan, Toyota berharap bisa menyelesaikan prototipe pikap hibrida hasil kolaborasi dengan Ford untuk dipakai pada Tundra. Bob Carter, General Manager Toyota Division, menambahkan, "Hibrida merupakan strategi utama kami." Ia berharap prestasi keluarga Prius bisa menyamai atau bahkan melampaui kesuksesan Camry sebagai mobil terlaris di AS pada akhir dekade ini. Sampai 2015, Toyota berharap bisa mencapai target penjualan 1,2 juta unit mobil hibrida di dunia, dari 690.000 unit pada tahun lalu. Selain mengandalkan Prius, Toyota juga akan menyematkan teknologi tersebut pada model seperti Camry dan Yaris. SUMBER : KOMPAS.COM

Toyota Prius Generasi-3 "Made-in" China Digulir

SICHUAN, KOMPAS.com – Toyota Motor Coprotion (TMC) hari ini mengumumkan, mulai memproduksi Prius Generasi ke-3 di China. Perusahaan yang merakit Prius Gen-3 tersebut adalah Sichuan FAW Toyota Motor Co., Ltd. di Changchung, Provinsi Sichuan. Sedangkan penjualan Prius Gen-3 “made-in” China tersebut dimulai awal 2012. Menurut TMC, mereka telah merakit Prius di China semenjak 2005 dan merupakan pabrik pertama Prius di luar Jepang. Tahun lalu, Toyota juga merakit sedan Camry hibrida di China hasil kerja sama dengan GAC di Guandong. Tujuan Toyota merakit Prius di China agar harganya kompetitif . Untuk mendukung kelancaran produksi - Toyota telah mendirikan pusat riset dan pengembangan teknologi hibrida di Changshu, Oktober lalu. Presiden TMC, Akio Toyoda saat itu mengatakan, akan terus berusaha meningkatkan produksi mobil hibrida di China dan realisasi pembuatan komponen lokal dilakukan pada 2015. Sementara itu, China Car Times melaporkan, Prius Gen-3 “Made-in” China tersebut, harganya hanya turun sekitar 30.000 yuan (Rp 43 juta). Bila sebelumnya harga Prius di China 250.000 yuan atau sekitar Rp 355 juta, diperkirakan menjadi 300.000 – 230.000 yuan atau Rp283 – 325 juta! Harga segitu, dinilai masih mahal! SUMBER : KOMPAS.COM

Toyota Ajak Pengguna Yaris Jumpa Katy Perry

JAKARTA, KOMPAS.com — Toyota Indonesia mengajak pemilik Yaris berkesempatan jumpa dengan Katy Perry di Jakarta, 19 Januari 2012. Caranya, dengan mengikuti kuis yang diselenggarakan via Twitter @YarisID dan Facebook Yaris Groovynations. Toyota menyediakan 150 tiket kelas Pink Festival konser Katy Perry, "The California Dreams Tour 2012", di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat. Jumlah itu terbagi dua, yakni untuk umum dan pemilik Yaris yang bisa menyaksikan pelantun tembang "Last Friday Night" itu. "Kami sengaja memilih Yaris karena memang mobil khusus anak muda. Gaya hidupnya juga pas, yakni musik. Kami mau Yaris bisa lebih dekat lagi dengan konsumennya. Itu alasan mengapa Toyota mendukung konser ini," beber Widyawati Soedigdo, GM Pemasaran dan Perencanaan Produk PT Toyota Astra Motor, kepada Kompas.com, Selasa (20/12/2011). Toyota memastikan kuis ini diselenggarakan tanpa pungutan biaya sepeser pun! Bagi Anda yang berminat, bisa langsung daftar ke http://bit.ly/YarisKatyPerry dan ikuti persyaratannya. SUMBER : KOMPAS.COM

Toyota Corolla Bermesin Diesel 2014

INGGRIS, KOMPAS.com - Kendati penjualan Corolla sudah cukup tinggi, namun Toyota masih ingin meningkatkan popularitasnya, setidaknya di Eropa dan kemungkinan Australia. Sehubungan sudah terjalin kerja sama dengan BMW, maka produsen mobil terbesar di Jepang itu akan memasang mesin diesel turbo BMW pada Corolla. Orang dalam Toyota, seperti dilaporkan majalan Autocar Inggris telah membocorkan kalau Auris - nama lain Corolla untuk pasar Eropa - mendapat keuntungan dari kolaborasi BMW-Toyota. Paling cepat, 2014 Auris sudah memakai teknologi dari pabrikan mobil asal Bavaria tersebut. BMW menyediakan mesin empat silinder 1.6 dan 2.0 liter diesel turbocharged. Pasokan ini sebagai imbalan dari pengembangan bersama baterai lithium-ion. Namun Toyota tidak akan membagi teknologi hibrida, sedang mesin diesel tidak boleh dipakai pada Lexus. Mesin diesel 1.6 liter yang sekarang dipakai pada Mini Cooper model D mempunyai tenaga 82kW dan trosi 270Nm. Sedang tenaga pada mesin 1.8 liter bensin yang dipakai Corolla sekarang bertenaga 100 kW. Untuk konsumsi bahan bakar, diesel memberi 3,8liter per 100 km. SUMBER : KOMPAS.COM

Gaya Belanja "Online" 2011

KOMPAS.com - Boleh dibilang, 2011 adalah tahunnya belanja online. Berbagai situs yang menyediakan tempat belanja melalui dunia maya, baik sebagai mal online atau departement store online, juga media sosial yang bergerak ke arah e-commerce, gencar menggaet pembeli dan mitra bisnisnya di tahun ini. Department store online Semakin banyak pilihan situs belanja online menjadi daya tarik bagi pebelanja. Apalagi dengan adanya penawaran khusus. Di toko online Lojai misalnya, tersedia sistem pembayaran dengan cicilan 12 kali, dengan adanya kerjasama dengan sejumlah bank dan penerbit kartu kredit. Gadget, elektronik, jam tangan, peralatan rumah tangga, dan fashion merupakan lima besar produk terfavorit yang dibelanjakan secara online melalui Lojai. Mal online Sementara sejumlah situs penyedia diskon dengan voucher online juga tak kalah giatnya. Sebut saja Deal Keren dan Diskon Gokil yang memiliki karakter serupa menyediakan kupon diskon untuk pemenuhan kebutuhan dan gaya hidup masyarakat urban. Bekerja sama dengan berbagai merchant, seperti restoran, hotel, pusat hiburan seperti karaoke, watersport, tiket konser, dan lain sebagainya, situs kupon atau voucher diskon ini semakin mahir menggaet pembeli. Penawaran diskon hingga 80-90 persen menjadi daya tarik utamanya. Masing-masing memiliki karakter khas, meski secara umum penawaran yang diberikan nyaris serupa. Lagi-lagi, menjamurnya berbagai situs belanja ini adalah untuk memberikan pilihan kepada pembeli. Kepercayaan dan kualitas pelayanan menjadi kunci sukses menggaet sebanyak mungkin pelanggan setia. Lain lagi social e-commerce yang menggabungkan situs belanja dengan blog atau situs jejaring sosial. Seperti situs Blibli.com dan Multiply Commerce. Masing-masing memiliki karakter khas yang unik. Sebagai situs jejaring sosial, keduanya masih mempertahankan fungsinya sebagai media sosial, namun mulai memperluas fitur dengan mengajak anggotanya untuk juga bertransaksi melalui situsnya. Blibli mengajak anggotanya lebih cerdas berbelanja dengan bantuan rekomendasi belanja dari blogger. Untuk memberikan rekomendasi produk bagi pelanggan, Blibli.com menghadirkan "experts" untuk berbagai bidang, seperti fashion, kecantikan, ibu dan anak, gadget, dan lain sebagainya. Selain itu, mereka juga mengundang beberapa blogger yang bertindak sebagai penasihat pada para pelanggan, sekaligus saling bertukar informasi mengenai apapun. "Soalnya tidak semua barang ituk layak dibeli, banyak yang harus dipikir-pikir dulu agar sesuai budget dan kebutuhan. Lagipula nggak semua barang yang mahal itu bagus. Misalnya, BlackBerry itu ada kekurangannya, ponsel Android juga ada kekurangannya. Jadi bisa dibahas satu-satu (kelebihan dan kekurangannya). Kami bisa memberi saran mana yang layak dibeli," jelas Ario Pratomo, blogger gadget yang menyandang predikat "Asia's Best Entrepreneur Under 25" saat memperkenalkan tampilan baru situs ini di The Canteen, Pacific Place, Jakarta, Kamis (15/12/2011) lalu. Sementara Multiply Commerce mengandalkan kekuatan jaringan dunia maya sebagai pasarnya, selain juga mengajak anggotanya untuk turut berwirausaha secara online melalui situsnya. Fitur Mutiply Commerce, yang merupakan bagian dari media sosial Multiply.com, resmi dirilis 11 Mei 2011. Tak hanya berbelanja online, Multiply Commerce juga mengajak pengguna internet untuk menambah pendapatan melalui jualan online. Multiply pun sukses menjaring penjual online. Sehingga akhirnya menelorkan pebisnis belanja online yang berhasil mandiri. Online shopping Belowcepek.com yang fokus pada produk fashion dalam negeri buktinya. Pada awalnya, Below Cepek "menumpang" di situs e-commerce Multiply.com. Toko ini memberikan kategori barang yang ingin dicari, berdasarkan harga, tema, serta barang baru atau yang di-sale. Kemudian setiap item langsung diberi contoh mengenai warna-warna pilihan, disertai ukuran lingkar dada, lingkar bahu, dan lingkar pinggang. Dengan demikian, pembeli bisa mengukur apakah baju yang ditawarkan tersebut akan sesuai dengan ukuran tubuhnya. Aplikasi teknologi Jika Deal Keren, Diskon Gokil, Multiply Commerce, Blibli menyasar berbagai kalangan dan tipe pembeli, dengan menawarkan ragam kebutuhan, lagi lagi dengan Menoo!, sebuah aplikasi sosial kuliner yang fokus pada penelusuran makanan mengandalkan internet dan ponsel pintar. "Menoo! bukan sekadar direktori menu makanan atau restoran. Aplikasi mobile ini juga memuat daftar harga menu, pilihan menu dari setiap restoran, bahkan rekomendasi atau review dari pengguna Menoo! lainnya yang pernah memilih makanan atau restoran tersebut. Bahkan ada trending food yang ditampilkan berdasarkan rekomendasi pengguna Menoo! lainnya. User juga turut berkontribusi di Menoo! dengan menambahkan informasi mengenai menu dan restoran pilihannya. Sehingga pilihan menu, restoran, dan review mengenai makanan juga berbagai fasilitas dan kualitas dari tempat makan akan terus bertambah seiring kontribusi user," jelas Calvin Kizana, Chief Executive Officer PT Elasitas Multi Kreasi (EMK), saat peluncuran Menoo! di Jakarta. Berbagai situs penyedia jasa belanja atau referensi gaya hidup ini mengandalkan jaringan internet dan teknologi dalam pengaplikasiannya. Umumnya, berbagai situs belanja online, masih fokus penestrasi pasar di Jakarta. Beberapa sudah mulai ekspansi ke luar daerah, dan masih akan terus meningkatkan penetrasi pasar ke berbagai kota besar di Indonesia. Namun, satu hal yang seragam, berbagai situs ini menantang diri untuk terus memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam mengakses informasi, dan bertransaksi online dengan mudah dan aman. Deal Keren, yang kebanyakan anggotanya bertransaksi untuk keperluan lifestyle, produk kecantikan seperti spa, kesehatan, makanan dan minuman, rekreasi dan travel, membuat terobosan yang disebutnya instant deals. Adrian Suherman, CEO DealKeren menjelaskan dengan instant deals ini, pelanggan tak perlu mencetak bukti deal untuk dibawa ke merchant yang dipilihnya. Aplikasi transaksi online yang praktis dengan ponsel pintar menjadi sasarannya. Transaksi online yang membutuhkan dukungan infrastruktur dan aplikasi teknologi, juga kesiapan pebelanja untuk memercayakan situs belanja online dalam memenuhi berbagai kebutuhannya menjadi tantangan pada situs belanja ini. Seperti Menoo! yang melihat bahwa transaksi online atau mobile payment dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Begitupun dengan Diskon Gokil yang menargetkan aplikasi e-commerce dengan transaksi online pada 2012, salah satunya dengan mengaplikasikan e-voucher. Belanja dengan transaksi online menggunakan sistem pembayaran kartu kredit juga menjadi sasaran berikutnya. Hingga saat ini, Lojai.com mengklaim sebagai toko online yang mempraktikkan transaksi online secara utuh dengan menggandeng Visa dan Mastercard, dan penguatan dari sejumlah bank ternama. "Tak mudah menampilkan logo Visa dan Mastercard di situs belanja online. Namun dengan logo inilah, pelanggan lebih mudah percaya belanja dan bertransaksi di toko online," jelas Agus Tjandra, Chief Executive Officer Lojai.com di Jakarta, akhir November lalu. Meski belanja online menjadi tren, di tambah lagi adanya studi Visa mengenai peningkatan belanja online jelang Natal dan tahun baru, masyarakat Indonesia belum sepenuhnya menaruh kepercayaan pada model belanja yang mengandalkan kecanggihan teknologi ini. Situs belanja online masih perlu berupaya ekstra untuk mendapatkan kepercayaan pebelanja di Indonesia. Karena belanja online mengandalkan kepercayaan pembeli, penyedia atau pemilik toko online juga harus konsisten menjaga reputasi. Tak hanya Menoo! yang menyasar segmen khusus yakni pecinta kuliner. Perusahaan kosmetik juga mengandalkan belanja online untuk memasarkan produknya. Portal belanja online khusus kosmetika memberikan solusi belanja yang praktis dan memudahkan. Salah satunya, Mustika Ratu yang meluncurkan portal belanja kosmetik pada 2011. Presiden Direktur PT Mustika Ratu, Puteri Kuswisnuwardhani, mengatakan bahwa belanja kosmetik online memberikan solusi dari kesulitan konsumen dalam mencari dan membeli produk yang dibutuhkan. Perusahaan jamu dan kosmetika ini menggandeng penyedia jasa e-commerce PT Izumiya International dalam mengoperasionalkan toko online KosmetikCantik.com pada 2011. Inilah, geliat situs belanja online sepanjang 2011, dalam catatan Kompas Female: 1. Deal Keren Mulai beroperasi pada Agustus 2010 dan semakin gencar mempublikasikan konsep belanja voucher online di awal 2011 di Jakarta. Kesuksesan Deal Keren menarik perhatian LivingSocial, hingga akhirnya perusahaan social commerce dari Amerika Serikat ini mengakuisisi Deal Keren pada 27 Juni 2011. 2. Kosmetik Cantik PT Mustika Ratu meluncurkan portal belanja online khusus kosmetika, KosmetikCantik.com di Jakarta, 31 Maret 2011. Sasarannya, agar pengguna kosmetik tak harus antri di toko konvensional, atau berpindah dari satu toko ke toko lain untuk mencari kebutuhan perawatan tubuh. Pelanggan dapat memesan dan membeli kosmetik secara online melalui situs ini. 3.Multiply Commerce Multiply Commerce merupakan fitur pengembangan dari situs jejaring sosial Multiply.com, yang dikenalkan pada 18 Mei 2011 di Jakarta. 4. Menoo! Aplikasi sosial kuliner, yang menggandeng komunitas jalan-jalan dan kuliner Jalan Sutra ini sebagai pihak yang merekomendasi atau membantu memberikan ulasan menu di Menoo!, diluncurkan di Jakarta, 10 Agustus 2011. 5. Belowcepek Belowcepek.com yang fokus pada produk fashion dalam negeri, dirilis pada 24 November 2011. 6. Blibli Blibli diluncurkan pada Mei 2011. Situs ini kemudian memperkenalkan tampilan baru di Jakarta pada 15 Desember 2011. 7. Diskon Gokil Situs ini mengumumkan keberadaannya, tiga bulan setelah tampil ke publik sebagai penyedia informasi diskon, melalui grand launching Diskon Gokil pada 16 Desember 2011. SUMBER : KOMPAS.COM

Mawar Angkasa Hasil Tumbukan Dua Galaksi

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com — Teleskop antariksa Hubble menangkap citra sepasang galaksi yang saling bertumbukan, dihiasi dengan bintang biru muda nan panas. Sekilas, dua galaksi tersebut tampak bagai bunga mawar yang merekah di angkasa. Pasangan galaksi yang saling berinteraksi itu bernama Arp 273, berada di konstelasi Andromeda, sekitar 300 juta tahun cahaya dari Bumi. Dua galaksi yang bertumbukan adalah UGC 1810 yang berukuran lebih besar serta UGC 1813. Galaksi yang lebih kecil dikatakan "menyelam" ke bagian galaksi yang lebih besar. UGC 1810 yang lebih besar pun terdistorsi bentuknya menjadi serupa mawar. Bagian spiral pada galaksi yang lebih besar merupakan tanda interaksi UGC 1810 dan 1813. Di bagian luar, terdapat struktur serupa cincin yang dipercaya merupakan tempat di mana dua galaksi saling bersinggungan. Bagaimana dua galaksi bertumbukan belum diketahui. Di bagian tepi galaksi yang lebih besar tampak banyak spot berwarna biru, yang menunjukkan tempat di mana bintang muda dan panas banyak didapati. Mawar hasil tumbukan dua galaksi ini tentu tak sama dengan bunga mawar yang dikenal manusia. "Mahkota" mawar angkasa ini agak miring dan asimetris. Mawar angkasa itu ditangkap dengan kamera WCF3, instrumen di teleskop Hubble. SUMBER : KOMPAS.COM

Mulai Waspadai Malaria Impor

Oleh Dahlia Irawati Malang, Kompas - Menjelang musim kemarau, warga Kabupaten Malang diminta waspada terhadap berkembang biaknya jentik-jentik nyamuk Anopheles sebagai penyebab malaria. Setidaknya beberapa daerah di Kabupaten Malang merupakan daerah rawan timbulnya malaria. Daerah-daerah rawan malaria itu antara lain Donomulyo, Bantur, Sitiarjo, Gedangan, dan Sendangbiru. Daerah-daerah ini berada di sebelah selatan, berdekatan dengan Samudra Hindia. Daerah-daerah ini rawan karena biasanya terdapat nyamuk vektor penyebab malaria, yaitu Anopheles dengan jenis tertentu. Nyamuk tersebut biasanya mampu berkembang biak di air payau dari laut. "Saat peralihan musim hujan ke musim kemarau, biasanya air laut tersisa di cekungan-cekungan pantai. Air inilah yang dijadikan sarang menetasnya nyamuk-nyamuk vektor malaria," tutur Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malang Agus Wahyu Arifin, Kamis (19/3) di Malang. Namun, menurut Dinkes Kabupaten Malang, penyakit malaria impor juga harus mulai diwaspadai. Ini adalah malaria yang diderita orang Malang setelah pergi ke luar pulau. "Di Kabupaten Malang juga sudah ada zona-zona rawan malaria impor seperti ini," ujar anggota Staf Bagian Pemberantasan Demam Berdarah dan Malaria Dinkes Kabupaten Malang, Pujiadi. Menurut Pujiadi, daerah-daerah yang masuk zona rawan malaria impor itu antara lain Wagir, Pakis, Sitiarjo, Sumberpucung, dan Kasembon. Berdasarkan data Dinkes Kabupaten Malang tahun 2008, dari 52 kasus malaria, sebagian besar diderita sesudah penderita pulang dari luar daerah. Jumlah kasus malaria akan meningkat tajam, menurut Pujiadi, sekitar Juli-September. Ini karena nyamuk-nyamuk mulai menyerang. Adapun bulan-bulan ini merupakan masa pembenihan atau perkembangbiakan. Masa perkembangbiakan ini merupakan masa terbaik mencegah larva nyamuk tumbuh menjadi nyamuk. "Penanganan terbaik mencegah malaria adalah sekarang masyarakat menggiatkan pemberantasan sarang nyamuk. Daerah-daerah rawan sudah menjadi tanggung jawab kami untuk melakukan fogging dua minggu sekali," ujar Pujiadi. Orang yang kejangkitan malaria memiliki gejala mengalami panas dan demam. Badannya panas, tetapi penderita juga menggigil kedinginan. Data Dinkes Kabupaten Malang menyebutkan, pada Januari-Juni 2006 terdapat 25 kasus malaria. Pada tahun 2005 jumlah penderita malaria jenis falcifarum mencapai 78 orang dan malaria jenis vivax mencapai 81 orang. Malaria jenis vivax terbilang berbahaya karena dapat menimbulkan komplikasi otak. Hingga kini belum ditemui kasus malaria yang menyebabkan kematian di Kabupaten Malang. SUMBER : KOMPAS.COM

Kebun Salak Rawan Nyamuk Anopheles

Magelang, Kompas - Areal kebun salak merupakan tempat berkembang biak nyamuk anopheles. Kondisi ini mengakibatkan daerah yang menjadi sentra salak seperti Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, berpotensi menjadi tempat berjangkitnya penyakit malaria. Nyamuk anopheles menyukai tempat-tempat yang memiliki ciri seperti kebun salak, lembab, terdapat air menggenang, dan kotor. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang Hendarto, Senin (1/3), mengatakan, kasus malaria Kecamatan Srumbung pertama kali ditemukan pada tahun 2004. Ketika itu, awal penyebaran penyakit berasal dari warga yang tertular virus tersebut dari luar kota. "Namun, karena kondisi daerah di Kecamatan Srumbung mendukung, ketika itu nyamuk berkembang cepat, penularan penyakit yang semula berasal dari luar berubah menjadi lokal," ujarnya. Pada tahun 2004, jumlah penderita malaria yang terdata mencapai 24 orang. Setelah dilakukan penyuluhan dan pembersihan lingkungan, penyakit malaria tidak pernah lagi ditemukan di Kecamatan Srumbung hingga tahun 2009. Pada tahun 2010, kasus malaria kembali muncul menjangkiti empat warga Desa Banyuadem. Untuk menghindari penularan penyakit malaria, menurut Hendarto, setiap petani salak diminta untuk rajin membersihkan kebun dan mengupayakan agar air irigasi selalu mengalir. Kepala Desa Banyuadem mengatakan, selama bulan Februari 2010 terdapat 266 orang yang menderita gejala malaria, yaitu panas tinggi, menggigil, dan pusing. Dari jumlah tersebut, 119 orang berasal dari Dusun Ganden dan 147 dari Dusun Banyuadem. "Rata-rata penderita yang terjangkit penyakit malaria berasal dari satu keluarga," ujarnya. (egi) SUMBER : KOMPAS.COM

Nyamuk Kencing Saat Menghisap Darah

TOURS, KOMPAS.com - Serangga penghisap darah seprti nyamuk ternyata punya perilaku aneh saat menghisap darah. Seperti yang diketahui sebelumnya oleh para ahli, mereka kencing terlebih dahulu. Dan, di luar dugaan, mereka juga mengeluarkan cairan pre-urin berupa darah! Perilaku tersebut membuat para ilmuwan bingung. Claudio R Lazzari, entomolog dari François Rabelais University in Tours, Perancis, seperti dikutip New York Times, Senin (19/12/2011) mengatakan, "Darah adalah sesuatu yang sangat berharga. Melepaskannya berisiko tinggi." Penelitian terbaru yang dilakukan Lazzari dan dipublikasikan di jurnal Current Biology mengungkap bahwa pengeluaran cairan pre-urin bertujuan untuk menurunkan suhu tubuh saat makan, yang bisa mencapai 40 derajat Celsius. Untuk mendapatkan kesimpulan itu, Lazzari meneliti nyamuk jenis Anopheles stephensi. Saat makan, cairan urin dan pre-urin nyamuk itu dikeluarkan lewat anus. Kadang, cairan menggantung seperti embun yang akan menetes sebelum jatuh. Menurut Lazzari, saat urin dan pre-urin dikeluarkan, cairan menguap dan mendinginkan suhu tubuh hingga mencapai 3 derajat Celsius. Mekanisme ini adalah salah satu kehebatan serangga dalam mengontrol suhu tubuh. Nyamuk bukan satu-satunya serangga yang menggunakan makanannya sendiri untuk mengatur suhu tubuh. Lebah misalnya, membuang sedikit nektar yang dimakannya untuk menjaga kepala tetap dingin saat terbang. SUMBER : KOMPAS.COM

Lihat Gerhana Bulan Di Planetarium Yuk

AKARTA, KOMPAS.com - Planetarium dan Himpunan Astronomi Amatir Jakarta akan mengadakan pengamatan gerhana bulan total yang akan terjadi malam ini, Sabtu (10/12/2011) di gedung Planetarium, Jl. Cikini Raya No. 73 Jakarta Pusat. Indra Firdaus, Humas Himpunan Astronomi Amatir Jakarta mengatakan untuk menyambut fenomena alam tersebut, pihaknya mengelar rangkaian acara mulai dari pemberian materi ilmiah tentang gerhana bulan hingga pengamatan langsung secara gratis. "Pesertanya umum dari jabodetabek, setelah selesai seminar dari pukul 15.00 WIB, pukul 18.00 WIB ada seting teleskop persiapan untuk pengamatan, kita sediakan 7 teleskop untuk pengamatan. Gratis kok," ujarnya. Gerhana bulan total yang akan terjadi nanti malam, merupakan gerhana bulan total yang kedua selama 2011 setelah 16 juni lalu. Fenomena alam langka tersebut dapat menjadi alternatif aktivitas untuk mengisi malam minggu Anda. Berdoa saja cuaca cerah. Sebab di sejumlah wilayah DKI Jakarta petang ini hujan. SUMBER : KOMPAS.COM

Ditemukan, Dua Planet Seukuran Bumi

NEW YORK, KOMPAS.com — Astronom dari Universitas California, Amerika Serikat (AS), berhasil menemukan dua planet seukuran Bumi dan sekaligus merupakan planet ekstra surya terkecil. Penemuan dilakukan dengan pengamatan menggunakan wahana antariksa Kepler dan dipublikasikan di sebuah jurnal yang terbit pada Selasa (20/12/2011). Arsitektur dari tata suryanya gila. Ini pertama kalinya kita melihat yang seperti ini. -- David Charbonneau Dua planet yang ditemukan mengorbit bintang serupa Matahari itu adalah Kepler 20. Sementara, dua planet tersebut dinamai Kepler 20e dan Kepler 20f. Semuanya berukuran hampir setara Bumi. Kepler 20e berukuran 0,87 ukuran Bumi dan Kepler 20f berukuran 1,03 ukuran Bumi. Kepler 20e dan Kepler 20f diperkirakan merupakan planet batuan. Massa dari kedua planet itu pun tak begitu jauh dibandingkan Bumi, 1,7 kali dan 3 kali Bumi. Para ilmuwan mengatakan, kedua planet tersebut juga tersusun dari besi dan silikat, seperti halnya Bumi, meskipun tak memiliki atmosfer. Kepler 20e mengorbit bintang induknya setiap 6,1 hari pada jarak 7,6 juta kilometer, 20 kali lebih dekat jarak Bumi-Matahari yang jauhnya 150 juta kilometer. Sementara itu, Kepler 20f mengorbit bintangnya setiap 19,6 hari pada jarak 16,6 juta kilometer. Jarak kedua planet itu dengan bintangnya tergolong dekat. Kedekatan jarak planet dengan bintang induknya membuat temperaturnya terlalu panas. Suhu rata-rata di dua planet itu berkisar antara 430 derajat celsius dan 760 derajat celsius. "Peluang adanya air cair dan kehidupan yang kita tahu di Kepler 20 e dan f adalah nol," kata Greg Laughlin, astronom dari Universitas California, Santa Cruz, seperti dikutip Space, Selasa. Kepler 20 e dan f yang ditemukan merupakan dua dari lima planet yang ditemukan mengorbit Kepler 20 f. Ketiga planet lainnya adalah Kepler 20b yang mengorbit dari jarak 24.000 km, Kepler 20c yang mengorbit dari jarak 40.000 km, dan Kepler 20d yang mengorbit dari jarak 35.000 km. Tiap-tiap planet tersebut mengorbit bintangnya selama 3,7, 10,9, dan 77,6 hari. Penemuan dua planet ini menantang pemahaman astronom tentang pembentukan planet. "Arsitektur dari tata suryanya gila. Ini pertama kalinya kita melihat yang seperti ini," kata David Charbonneau, astronom Harvard University, dalam konferensi pers yang diadakan NASA, kemarin. Charbonneau menjelaskan, dalam sistem tata surya umumnya, planet batuan tersusun terpisah dengan gas, dan biasanya berada di dekat bintang. Sementara itu, planet gas berada di tepian tata surya. Di susunan tata surya Kepler 20, planet gas dan batuan tersusun selang-seling. Astronom mungkin harus merevisi pemahamannya. "Penelitian ini merupakan kemajuan besar dalam teknologi, untuk mendeteksi planet kecil seukuran Bumi. Jika kita sudah bisa menemukan planet dengan ukuran setara Bumi, di masa depan kita bisa menemukan planet di zona layak huni, dan masa depan itu adalah target untuk mendeteksi air dan tanda kehidupan," kata Lisa Kaltenegger dari Harvard Smithsonian Center for Astrophysics. SUMBER : KOMPAS.COM

Komet Cinta Jadi "Bintang Natal" Tahun Ini

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang kelahiran Yesus Kristus sekitar 2000 tahun silam, tiga pria bijaksana yang disebut Para Majus menyaksikan Bintang Natal atau Bintang Bethlehem. Adanya bintang tersebut membuat Para Majus percaya bahwa seorang mesias penyelamat bangsa Yahudi telah datang. Sementara Bintang Natal sebenarnya yang dideskripsikan dalam Alkitab tersebut belum jelas keilmiahannya, tahun ini manusia di Bumi kembali disuguhi pemandangan Bintang Natal baru. Bintang Natal ini sejatinya bukan sebuah bintang, namun sebuah komet yang baru saja selamat dari maut. Bintang Natal tahun ini adalah Komet Cinta alias Komet Lovejoy. Komet ini adalah komet yang baru saja ditemukan oleh astronom Australia, Terry Lovejoy. Oleh astronom, komet ini disebut sebagai golongan komet Kreutz, komet yang bergerak mendekati Matahari. Diameter komet tersebut sekitar 200 meter. Lovejoy dikatakan baru saja selamat dari maut sebab pada 18 Desember 2011 sekitar pukul 07.00 WIB melesat masuk ke dalam korona Matahari yang suhunya 1,1 juta derajat Celsius. Hampir semua orang berpikir bahwa komet itu akan hancur lebur, namun seluruh prediksi gugur. Lovejoy tetap selamat. Komet Lovejoy menampakkan diri pada Kamis (22/12/2011) dan Jumat (23/12/2011), 2 hari sebelum perayaan Natal tahun ini, karenanya diasosiasikan dengan Bintang Natal. Komet tampak sebagai bola api yang punya ekor panjang yang tampak beberapa saat sebelum fajar menyingsing. Beberapa astronom amatir sempat mendokumentasikan kenampakan komet itu. Salah satunya Gabriel Brammer, astronom amatir yang mengabadikan komet dari Observatorium Paranal di Gurun Atacama, Chile. Menurutnya, komet terlihat dengan mata telanjang, bersama Bulan yang juga masih bersinar. Orang lain yang beruntung bisa menyaksikan "Bintang Natal" tersebut adalah Yuri Beletsky. Ia mengamati komet ajaib itu dari kota Santiago, Chile. Di belahan dunia lain, ada Colin Legg yang mengamati dari muara sungai Mandurah, Australia Barat pada Jumat (23/12/2011) pagi. Sebuah komet yang selamat dari maut menampakkan diri menjelang Natal, apa artinya? Mungkin tak ada artinya sama sekali. Tapi, kecerlangannya menyemarakkan langit menjelang Natal. Nama Lovejoy juga bisa diartikan kegembiraan dan cinta. Lovejoy mungkin hendak mengajak manusia untuk memberikan kegembiraan dan cinta bagi orang lain. SUMBER : KOMPAS.COM